WhatsApp Image 2024-03-26 at 10.13.04

BRIDA Sulteng Salurkan Bantuan Penurunan Stunting di Desa Tuva, Berikut Dampak Yang Dirasakan

Sigi-Dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Sigi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulawesi Tengah menyalurkan bantuan ke Desa Tuva, sebagai lokus yang ditangani oleh BRIDA Provinsi.

Bantuan yang disalurkan oleh Brida Provinsi Sulawesi Tengah berupa makanan tambahan seperti, telur dan susu formula bagi bayi dan juga ibu hamil.

Dalam wawancara tim publikasi Brida bersama Bidan Desa Tuva, Sudarni (23/3/2024), mengungkapkan bahwa dari pemantauan atas bantuan yang telah disalurkan, terdapat perkembangan pada empat dari sembilan anak yang berisiko stunting.

“Dua dari tiga anak tersebut mengalami perkembangan yang sangat signifikan bahkan sudah mendekati garis normal” jelas Sudarni.

Untuk penyaluran tahap pertama, Sudarni menjelaskan bahwa bantuan tersebut langsung diberikan kepada orang tua anak yang mengalami dan berisiko stunting. Namun, pola tersebut tidak berjalan efektif. Sehingga pada penyaluran bantuan tahap kedua, Sudarni mengganti pola dengan pelibatan kader Posyandu dalam rangka pemberian makanan tambahan dan juga pemantauan dari bantuan yang diberikan.

“Penanganan kasus Stunting tidak hanya berfokus pada pemberian asupan bergizi saja, akan tetapi pola asuh orang tua juga memiliki pengaruh yang sama”, terangnya

Sudarni berharap, dengan adanya bantuan yang telah diberikan oleh BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah dapat membantu penurunan angka stunting yang ada di Desa Tuva. Selain itu, Sudarni juga mengharapkan kepada orang tua untuk memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak-anaknya.

Dikesempatan yang sama Kepala Desa Tuva, Bahktiar, mengucapkan rasa terima kasih kepada BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah dalam upaya penurunan stunting yang ada di Desa Tuva melalui bantuan yang disalurkan. Tidak hanya dari bantuan tersebut, upaya penurunan stunting di Desa Tuva juga ditunjang dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan juga program kebun PKK yang dijalan oleh masyarakat setempat.

“Meski belum maksimal, namun adanya bantuan ini kami merasa sangat terbantu. Hal ini juga ditunjang dari ADD dan juga program kebun PKK yang kami jalankan” ungkap Bahktiar.

Sumber : PPID BRIDA Prov. Sulteng.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *