Wagub dan Forkopimda Meninjau Pos Pengamanan Operasi Ketupat

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wagub Drs.H.Ma’mun Amir bersama Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Toto Nurwanto, Kajati Sulteng diwakili Kasi Oharda Agus,SH,MH, Danlanal Palu Kolonel Laut (P) M Catur Soelistyono, SH, CHRMP, Kabinda Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan, Ka BNN Sulteng Brigjen Pol H.Monang Situmorang, Waket DPRD Prov Sulteng Muharram Nurdin meninjau langsung Pos Pengamanan Operasi Ketupat Tinombala di Wilayah Kota Palu, Kamis malam (20/4).

Terdapat 3 Pos yang dikunjungi, meliputi : Pos Towua , Pos BNI Pertokoan dan Pos Lapangan Vatulemo.

Turut hadir dari Pemprov Sulteng, yakni : Kaban Kesbangpol Drs.Arfan,M.Si, Kasat PolPP Drs. Mohammad Nizam,MH, Karo Umum Dr.Suandi,S.Ti.

Kesempatan itu, Wagub Drs.H.Ma’mun Amir menyampaikan peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Satgas Polri/TNI/Mitra Polri dalam melakukan pengamanan dan kelancaran arus mudik serta arus balik Lebaran 2023.

“Alhamdulillah, petugas telah siap melakukan pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,”sebutnya.

Beliau berharap pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran berjalan dengan lancar dan tertib.

Terakhir, Wagub dan Unsur Forkopimda menyerahkan bingkisan untuk masing-masing pos.

Sementara itu, saat melakukan pengecekan Pos Terpadu di Lapangan Vatulemo Palu, rombongan mendapatkan laporan perkembangan situasi dari Kepala Posko (Kaposko) Operasi Ketupat Tinombala 2023 dari Kompol Suriadi.

“Dilaporkan situasi secara umum aman dan kondusif. Tidak ada peristiwa menonjol dalam dua hari operasi, tanggal 18-19 April,”ungkap Kaposko Suriadi.

Gangguan kamtibmas berupa kecelakaan lalu lintas terjadi di dua titik, yaitu : Kab.Morowali dan Kab.Donggala.

Terkait warga yang tiba dan keluar Sulteng, Suriadi melaporkan, untuk warga pemudik masuk di Kota Palu berjumlah 2.400 orang dan yang meninggalkan Kota Palu sebanyak 4.300 orang.

Kaposko juga melaporkan, rencana Sholat Idul Fitri bagi warga Muhammadiyah di Kota Palu akan dilangsungkan di 14 lokasi.

Jumlah kekuatan yang diturunkan dalam pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah di Provinsi Sulteng adalah 3.392 personel baik dari TNI, Polri dan mitra kamtibmas lainnya.

Sedangkan petugas yang ada di posko terpadu sebanyak 224 personel Polda Sulteng dan 24 orang dari TNI serta mitra kamtibmas

Biro Adm Pimpinan

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *