TP PKK Diharapkan Mampu Memaksimalkan 10 Program Wajib.

Palu, Sulawesi Tengah – Wakil Ketua TP PKK Prov. Sulteng Halima Amir Mengikuti Pelantikan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat Daya dan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayapura secara daring di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (02/02/2023).

Adapun Penjabat Tim Penggerak yang dilantik yaitu ; Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat Daya Andar Ariani dan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayapura Flora Yvonne De Queloe

Mengawali sambutannya, Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa TP PKK merupakan organisasi yang menjadi mitra pemerintah, baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota dimana PKK merupakan organisasi yang cukup kuat yang mana diatur oleh Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 oleh sebab itu diharapkan koordinasi antar setiap pengurus baik pusat maupun daerah.

Lebih lanjut beliau berharap bahwa TP PKK mempunyai program yang jelas, tidak hanya menunggu kerjasama dari pihak lain sehingga bantuan dari anggaran daerah bisa jelas peruntukannya karena umumnya 10 Program Pokok PKK ada di setiap OPD.

“Kita tahu bahwa penganggaran ini unik unik untuk membiayai semua program PKK, oleh sebab itu kita juga bisa dengan melakukan kerjasama dengan OPD bagaimana agar Program-Program PKK itu bisa terlaksana dengan baik” lanjut Tri Tito Karnavian.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro menyampaikan bahwa inovasi kebijakan dan program kegiatan menjadi keharusan bagi setiap pemangku kepentingan tidak terkecuali TP PKK sebagai mitra strategis pemerintah secara berjenjang mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa dan kelurahan.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa peran aktif PKK melalui 10 Program Pokok PKK sebagai gerakan nasional dengan kelembagaan yang terstruktur secara hirarki mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat desa, kelurahan bahkan sampai kelompok terkecil yakni keluarga melalui dasa wisma memiliki potensi yang luar bias ajika digerakkan dengan optimal.

“Itu yang dimaksudkan ketua umum PKK tadi dalam pengarahannya dukungan pemerintah daerah kepada pergerakkan PKK ini dilapangan” Tambah Sekjen Kemendagri.

Relevansi gerakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dimana ketua TP PKK akan mengemban tugas mulia sebagai pimpinan derakan PKK di daerah sebagaimana visi dan misi yang akan diwujudkan dengan melakukan aksi nyata dan memberikan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat dalam pelaksanaan gerakan PKK dan implementasi 10 Program Pokok PKK.

Diakhir sambutan, Sekjen Kemendagri menyampaikan semoga dalam menjalankan tugas di daerah Ibu Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Daya dan Ibu Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura dapat menggerakkan, mengembangkan dan meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat sesuai situasi dan kondisi dengan tetap menjaga kearifan lokal sebagai identitas wilayah.

“Besar Harapan saya PKK semakin kratif dan inovatif dalam menjalankan perannya sebagai motivator dan fasilitator dimasyarakat yang tidak terkungkung pada rutinitas program dan kegiatan yang monoton” tutup beliau.

Turut Hadir: Ketua Umum TP PKK, Sekjen Kemendagri, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kemendagri, Pejabat Pmpinan Tinggi Pratama Kemendagri, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Plh Gubernur Papua, Pj. Bupati Jayapura, Pengurus TP PKK Pusat, Pengurus TP PKK Daerah yang hadir secara daring.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *