Gubernur Sulteng Tinjau Langsung Kondisi SMK I Banggai, Usai Alami Musibah Kebakaran.

Banggai, Sulawesi Tengah – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Bersama Bupati Banggai Ir. Amir Tomoreka, Stad Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, M.Si, Kadis Pendidikan Yudiawati Vidiana, Meninjau Kondisi SMK I Banggai Setelah Mengalami Musibah Kebakaran. Jumat, (13/1/2023).

Pada kesempatan itu, Gubernur didampingi Kaban Kesbangpol Dr. Fahruddin Yambas, M.Si, Kadis Kesehatan dr. I Komang Adi Sujendra, Sp.PD, Karo Umum Dr. Suandi, S.T, M.Si, Karo Kesra Drs. Awaludin dan Kabag Komunikasi Adiman, SH, M.Si.

Kepala Sekolah SMK I Luwuk  Evryati Mahiwa, S.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur dan rombongan dalam rangka kunjungan kerja di SMK 1 Luwuk, dan melaporkan bahwa jumlah murid di SMK 1 Luwuk 1.050 Murid dengan Total 36 Kelas dengan kondisi setelah musibah kebakaran, murid – murid saat ini memakai Ruang Kelas SMP 3 Luwuk.

Walaupun sarana terbatas pembelajaran tetapi, Siswa SMK 1 Luwuk ikut berpartisipasi dalam Porprov Sulawesi Tengah dan meraih prestasi dengan memperoleh medali emas, perak dan perunggu.

Kondisi Sekolah SMK 1 Luwuk, mengalami kebakaran secara nenyeluruh tetapi atas dukungan Gubernur melalui Kepala Dinas telah memperbaiki atap perkantoran. Namun, saat ini masih dipergunakan untuk Ruang Kelas.

Dan selanjutnya memohon kepada Gubernur kiranya dapat memberikan dukungan rehabiltasi pembangunan kembali fasilitas dan ruang kelas yang terbakar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menyampaikan bahwa PAD Provinsi Sulteng meningkat yang sebelumnya 900 Miliar meningkat menjadi 1,71 Triliun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulteng meningkat sebesar 70,28, angka kemiskinan menurun 1 %, gini rasio sangat baik, Investa di Sulteng meningkat, TW III sudah mencapai 76 Triliun dan diakhir tahun 2023 bisa mencapai 100 Triliun.

“Saya akan memperbaiki sekolah ini kalau tidak di ABT Tahun 2023, Tahun 2024 akan dialokasikan sebesar Rp. 50 M.” Kata Gubernur Rusdy Mastura pada kesempatan itu

Gubernur juga menyampaikan bahwa untuk percepatan infrastruktur skema pembangunan Infrastruktur multi years dan pembangunan industri Ikan Halal di Kab. Banggai Laut, pembangunan sektor perikanan dan kelautan.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa sesuai Visinya terkait peningkatan SDM, masih terealisasi secara bertahap utamanya seluruh Desa digitalisasi melalui Smart Village dimana tahun ini untuk 100 Desa. Sehingga diharapkan Tahun 2024 Desa Digitalisasi dapat direalisasikan.

“Kedepan kita bangun industri hijau di Kabupaten Banggai, pembangunan Smelter Nikel.” Jelasnya

Dengan Potensi yang ada, Pendapatan Kita bisa mencapai 5 Triliun Tahun 2026, Tahun 2024 PAD Sulawesi Tengah ditargetkan mencapai 3 Triliun.

Lebih jauh, Gubernur menyampaikan bahwa kedepan Banggai Bersaudara akan dibentuk 1 Provinsi menjadi Provinsi Banggawi Raya. Dan ia juga sudah meminta kepada Mendagri kalau Moratorium sudah dibuka Agara Banggai bisa bentuk menjadi 2  Kabupaten 1 Kota sehingga sudah memenuhi syarat menjadi 1 Provinsi namanya Provinsi Banggawi Raya.

Gubernur juga mengapresiasi Bupati Banggai yang selalu mendukung Program Provinsi seperti pelaksanaan Porprov dan kegiatan-kegiatn skala Provinsi.

Diakhir sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura meminta kepada seluruh masyarakat, untuk bersama membangun Sulawesi Tengah dengan baik dan kepada Bupati dan Kepala Daerah mari berkalaborasi membangun Daerah ini dengan baik.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *