Plh. Sekda Minta OPD, Bentuk Gugus Tugas Demi Percepatan Realisasi APBD.

Palu, Sulawesi Tengah – Gubernur diwakili Plh. Sekda Dr. Rudi Dewanto, SE., MM Pimpin Rapat Evaluasi Finalisasi Progres Penyerapan APBD Tahun 2022. Bertempat, diruang kerja Sekda Kantor Gubernur. Jumat, (16/12/2022)

Rapat tersebut dihadiri Kepala BPKAD diwakili Kabid Perbendaharaan  BPKAD, Fatnimi bersama Kesub BL Pak Honel, Kabid Pengendalian Biro Pembangunan M. Yunus Kabid PSMA.

Pada kesempatan itu, Plh. Sekda Rudi Dewanto menyampaikan bahwa atas arahan Gubernur, agar memastikan realisasi APBD Tahun 2022 dapat terserap dengan baik, terutama belanja yang berdampak langsung kepada masyarakat berupa bantuan dan belanja barang dan jasa.

“Penyerapan APBD sangat berdampak terhadap perkonomian masyarakat.” Kata Plh. Sekda

Berdasarkan laporan Kepala Bagian Pengendalian Biro Pembangunan M. Yunus
mengatakan, realisasi APBD Tahun 2022, sesuai hasil Desk pada 6 November 2022 untuk realisasi periode 30 November 2022 Realisasi APBD Provinsi sudah mencapai 88.58 %.

Selanjutnya Kepala Bagian Perbendaharaan BPKAD Fatnimi menyampaikan, agar OPD yang memiliki anggaran besar harus lebih serius untuk dapat meningkatkan realisasi APBD sehingga serapan anggaran sesuai dengan harapan Gubernur.

Kabid PSMA Dinas Dikjar, menyampaikan bahwa untuk realisasi Anggaran Dinas Dikjar bisa mencapai 95% dari Anggaran 1,66 T atau lebih hanya ada beberapa Item Kegiatan yang tidak dilaksanakan sehubungan dengan kendala teknis.

Plh. Sekda Rudi Dewanto menyampaikan bahwa melihat laporan dari Biro Pembangunan Sulteng optimis bahwa realisasi APBD Tahun 2022 bisa diatas 90 %. Dan sesuai harapan Gubernur agar realisasi anggaran yang berdampak langsung kepada masyarakat dapat menjadi perhatian serius OPD untuk direalisasikan.

Ia meminta agar OPD membentuk Gugus Tugas yang memastikan seluruh dokumen  kelengkapan pencairan anggaran baik di BPKAD dan KPN Palu dapat tertangani segera dan meningkatkan koordinasi untuk percepatan realisasi APBD.

“Kepada BPKAD, agar terus meningkatkan pelayanan lebih maksimal lagi dalam percepatan proses realisasi anggaran.”Ujar beliau

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *