Pj. Sekda Wakili Gubernur Hadiri Puncak Peringatan HKNS Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2022.

Palu, Sulawesi Tengah – Gubernur diwakili Pj. Sekretaris Daerah Dr. Rudi Dewanto, SE., MM menghadiri Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2022. Bertempat, di Halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng. Sabtu, (17/12/2022)

HKSN 2022 ini, diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama Membangun Bangsa”.

Pada acara puncak HKSN 2022 juga dilaksanakan jalan santai yang dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Dra. Sitti Hasbiah N. Zaenong, M.Si, dengan titik start dan finish di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng, dengan rute Jln. Maleo, Jln. Kakatua, dan Jln. Moh. Yamin jalur 2. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, pembagian bantuan kepada penyandang disabilitas, pembagian hadiah lomba dan pembagian doorprize.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Para Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dinas Sosial, Stakeholder dan Mitra Kerja, Dinas Sosial Kota Palu, Dinas Sosial Kab. Sigi dan Dinas Sosial Kab. Donggala, Purna Bakti Dinas Sosial, Penyandang Disabilitas, Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelum acara puncak HKSN 2022 yakni ;

  1. Bakti sosial dengan membagikan 100 (seratus) paket pangan bergizi kepada anak dan keluarga yang memiliki resiko stunting di kecamatan palu utara dan kecamatan tawaeli kota palu.
  2. Pemberian paket souvenir kepada para Purnabhakti Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah.
  3. Kegiatan lomba yang terdiri dari ; lomba menyanyi solo dan lomba domino.

Dalam laporanya, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Son Gafar, SE. MM menyampaikan bahwa tujuan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yaitu ; pertama, untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali, agar nilai nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial.

Kedua, sebagai stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun, sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial.

Ketiga, mengingatkan semua pihak untuk selalu berupaya mendorong perwujudan masyarakat inklusi dan membuka kesempatan yang seluasluasnya, serta menghilangkan hambatan bagi penyandang disabilitas sehingga mereka dapat berperan dan berkontribusi secara aktif di tengah masyarakat lndonesia maupun internasional.

Pada kesempatan itu, Pj. Sekda Rudi Dewanto membacakan sambutan Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada aparatur Dinas Sosial, stakeholder dan mitra kerja yang telah bahu membahu dan gotong royong dalam menyelesaikan permasalahan sosial di Sulawesi Tengah dengan hati yang ikhlas, termasuk dalam menyukseskan peringatan HKSN 2022.

“Atas nama pribadi, dan pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah, saya mengucapkan selamat memperingati HKSN tahun 2022.” Kata Pj. Sekda mengawali sambutannya

Melalui tema dan momentum HKSN 2022, kiranya dapat dilaksanakan secara konkrit oleh aparatur dalam Dinas Sosial dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi serta program kebijakan Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.

“kebersamaan adalah kunci penting dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi, karena dengan kebersamaan, semua pekerjaan yang berat dan sulit sekalipun dapat menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk diatasi.” Jelas Rudi Dewanto

Terakhir, ia berharap kepada Dinas Sosial Provinsi maupun Kabupaten/Kota, OPD, stakeholder dan mitra kerja untuk menumbuh kembangkan jiwa kesetiakawanan sosial dalam seluruh aktivitas dan karya pengabdian untuk Gerak Cepat membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan juga kepada penerima tali kasih, semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik.” Ucap Pj. Sekda mengakhiri sambutanya

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *