Gubernur Sulteng Buka Secara Resmi Open Water Sport Festival.

Donggala, Sulawesi Tengah – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menghadiri sekaligus membuka secara resmi Open Water Sport Festival. Bertempat, di Tanjung Karang, Kabupaten Donggala. Sabtu, (3/12/2022).

Pada kesempatan itu, Gubernur didampingi Wakapolda, Ketua Koni, Ketua PRSI, Dirut Bank Sulteng, Kepala Bandara Sis-Aljufri Mutiara Palu dan Kadis Parawisata Sulawesi Tengah.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Open Water Sport Festival Kombes Pol. Indra Retana, SH. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi dan dorongan Kapolda, Gubernur, Ketua Koni Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Open Water Sport Festival , mempertandingkan Underwater, dimana pemenang lomba Underwater akan mengikuti Lomba Underwater Internasional yang akan dilaksanakan di Berlin Jerman.

Selanjutnya kegiatan ini akan mempertandingkan Open Swiming dengan panjang 200- 300M sampai 2.000 M, adapun hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 270 Juta.

Kombes Pol Indra Retana, SH, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur yang memberikan dukungan baik dari sisi dana dan moril.

Selanjutnya, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah Nizar Rahmatu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah bapak Olahraga Sulawesi Tengah atas dukungan dan motivasinya untuk terus meningkatkan Prestasi Olahraga Sulawesi Tengah.

Ketua Koni juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sesuai dengan amanat Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa Sport Tourism harus dikembangkan melalui Sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama sama mengembangkan Sport Tourism.

“Kepres juga mengamanatkan kepada Seluruh Stakeholder, Kepala Daerah, Polri dan TNI, Pengusaha untuk dapat bersinergi untuk mengembangkan Olahraga Wisata.” Sebut Ketua KONI

Ketua Koni juga menyampaikan bahwa dengan penyelenggaraan Open Water Sport Festival ini akan memperoleh data pengembangan wisata bawah laut di Provinsi Sulawesi Tengah.

Wakapolda Provinsi Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Heri Santoso, S.Ik, MH, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Gubernur, Ketua KONI dan Kadis Parawisata  kepada Polri untuk penyelenggaraan Open Water Sport Festival.

“Kami sangat senang dan siap untuk melaksanakan kegiatan Water Sport yang bertaraf internasional.” Ucap Wakapolda

Wakapolda menyampaikan potensi sulawesi tengah dibidang parawisata sangat besar oleh terus kita kembangkan sehinga kunjungan wisata di sulawesi tengah dapat signifikan meningkat.

“Kiranya kegiatan ini akan dapat memberikan informasi terhadap pengembangan Wisata Sulawesi Tengah.”Pungkasnya

Ia berharap semoga pelaksanaan Ivent ini tidak mengecewakan Gubernur, Ketua Umum KONI dan Kadis Parawisata. Olehnya, sesuai amanat Gubernur bahwa tahun depan pelaksanaan kegiatan Water Sport ini berskala Internasional.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Sulawesi Tengah ini memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan juga potensi Parawisata, sehingga perlu publikasi yang luas untuk memperkenalkan potensi daerah Sulawesi Tengah melalui kegiatan yang berskala Internasional.

“Apresiasi kepada Kapolda Sulawesi Tengah dan Panitia yang telah menginisasi kegiatan Open Water Sport.” Ucap Gubernur pada kesempatan itu

Selanjutnya, Gubernur meminta kepada Bupati Donggala agar terus meningkatkan fasilitas pendukung Parawisata di Kabupaten Donggala, berikan anggaran yang besar dalam peningkatan potensi Pariwisata Kabupaten Donggala, “Kami dari Provinsi akan mensupport”Pungkasnya

Gubernur menyampaikan bahwa Ivent Open Water Sport Festival merupakan Olahraga air yang paling banyak diminati dan diharapkan dapat melahirkan bibit unggul dan berprestasi baik dalam skala Nasional dan Internasional.

Gubernur juga meminta kepada Dinas Parawisata Provinsi Ibu Diah Agustiningsih, Agar membuat Desain Pengembangan Parawisata Sulawesi Tengah, sewa konsultan untuk membuat desain terhadap potensi dan pengembangan Parawisata Sulawesi Tengah.

Gubernur berpesan kepada Kepala Dinas Parawisata, KONI, Polri, agar tahun 2023 dilaksanakan Kegiatan Openwater Sport Festival berskala Internasional.

Kegiatan tersebut dihadiri ; Wakapolda Sulawesi Tengah, Kadis Parawisata, Bupati Donggala, Direktur Utama PT. Bank Sulteng, Komisaris Independen PT. Bank Sulteng dan Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah.


Sumber : Biro Administrasi Pimpinan

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *