Gubernur Sulteng Terima Anugerah Penghargaan Layanan Investasi Terbaik II Kategori Provinsi.

Jakarta. Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menerima Anugrah Penghargaan Layanan Investasi Terbaik II Kategori Provinsi yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. KH. Maruf Amin. Bertempat, di Kantor Kementrian Investasi dan BKPM Jakarta. Rabu, (12/10/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa Menteri Indonesia Maju yakni ; Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenpanRB Abdullah Azwar Anas serta Menteri Investasi dan BKPM Bahlil Bahadalia.

Pada kesempatan itu, Menteri Investasi dan BKPM Bahlil Bahadalia menyampaikan bahwa pada Tahun 2022 Target Investasi Indonesia sebesar 1.200 T sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo, agar memastikan Layanan dan kemudahan  Investasi terus berjalan baik dan peningkatan investasi harus terus di pacu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kawasan ekonomi baru di Indonesia.

Menteri Bahlil juga menjelaskan, Perbandingan Investasi PMDN dan PMA Tahun 2022 sudah seimbang untuk PMA mencapai 53% dan PMDN mencapai 47% dan untuk PMA yang terbesar yaitu ; dari Singapura disusul China, Amerika dan Belanda.

Saat ini, mata Investasi tertuju ke Sulawesi Tengah karena Sulawesi Tengah menjadi daerah yang paling diminati PMA, tingginya investasi nilai tambah untuk daerah harus dilakukan, daerah jangan hanya menjadi penonton tetapi juga, ikut sebagai pelaku.

Selanjutnya, Wakil Presiden RI Prof .Dr. KH. Maruf Amin menyampaikan rasa bangga dengan pemerataan daerah Investasi di Indonesia antara Jawa dan Luar Jawa serta perimbangan nilai Investasi dari PMDN dan PMA sesuai laporan Menteri Investasi dan BKPM.

Wakil Presiden RI juga menyampaikan agar nilai tambah Investasi dapat terwujud, kemanfaatan untuk kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran dan nemanfaatkan tenaga kerja lokal.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan rasa syukur atas penganugrahan layanan Investasi, dimana Sulawesi Tengah mendapatkan Anugrah Penghargaan Terbaik II Tingkat Provinsi Layanan Investasi Terbaik secara Nasional, ini merupakan kebanggaan buat daerah Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan bahwa sekarang mata dunia tertuju ke Sulawesi Tengah untuk berinvestasi dibidang Sumber Daya Alam (SDA).

Gubernur menyampaikan bahwa Investasi yang datang harus melibatkan perusahaan daerah, sehingga perusahaan daerah atau perusahaan lokal ikut mengelola SDA yang ada Sulawesi Tengah dengan pemanfaatan tenaga kerja lokal, masyarakat Sulawesi Tengah harus menikmati investasi yang ada dan juga harus dapat meningkatkan Fiskal Daerah.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *