Inspektur-Inspektorat-Sulteng-Menerima-Laporan-Satgas-UPP-Provinsi-Sulteng-Tahun-2023

Inspektur Inspektorat Sulteng Menerima Laporan Satgas UPP Provinsi Sulteng Tahun 2023

Palu– Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Inspektur Inspektorat Provinsi Sulteng Salim membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Sulteng Tahun 2024. Bertempat, di Striti Convention Hall. Kamis, (29/8/2024)

Acara ini juga dihadiri, unsur forkopimda Provinsi Sulteng, kepala perangkat daerah, Ketua UPP Provinsi dan Kabupaten/Kota, narasumber, stakeholder, mitra kerja dan panitia acara.

Pada kesempatan itu, Inspektur Inspektorat Provinsi Sulteng menerima laporan Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Sulteng Tahun 2023.

Dalam arahannya, Inspektur Inspektorat Provinsi Sulteng Salim membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan bahwa pungutan liar atau pungli merupakan salah satu bentuk tindakan korupsi yang meresahkan dan dilakukan dengan memungut hak orang lain tanpa dasar hukum yang jelas dan dilakukan oleh oknum masyarakat maupun aparat.

“Sebagai aparat negara dan pelayan publik, sudah sepatutnya kita menyadari bahwa pungli dapat berakibat menurunnya kredibilitas pemerintah dan tingkat kepercayaan publik”, tutur Salim

Menurutnya, aksi-aksi kejahatan pungli selain merugikan masyarakat, juga berakibat pada menurunnya tingkat kepercayaan publik, merusak kredibilitas institusi, mengganggu kestabilan usaha dan dapat mendorong pelaku-pelaku kejahatan baru.

Salim juga mengungkapkan capaian pembangunan Sulawesi Tengah sepanjang tahun 2023, yakni pertumbuhan ekonomi tumbuh hingga 14,18 persen, realisasi investasi terbesar ketiga secara nasional sebesar 112 triliun setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Tingkat pengangguran terbuka berhasil ditekan hingga 2,95 persen dan merupakan yang terendah kelima se-Indonesia, menurunkan kemiskinan ekstrim dari 3,02 persen (2022) menjadi 1,44 persen (2023).

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 71,66 dan masuk kategori tinggi, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 900 miliar naik sebesar 2 triliun rupiah per tahun.

Untuk itu, inspektur mengajak Satgas Saber Pungli dan para pemangku kepentingan untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Selain itu,

Melalui forum ini, Gubernur berharap kiranya kegiatan ini menjadi media diskusi mengenai program-program kinerja Satgas Pungli agar dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Mari kita ajak masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi dan melaporkan setiap praktik pungli untuk memberantas kejahatan pungli sepanjang tahun 2024 berjalan maksimal, sebagai bagian penting dari mekanisme Whistle Blowing System untuk mewujudkan good governance dan clean governance”, tutupnya

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *