Buka-Pertemuan-KPBP-Sulteng-Sekprov-Pentingnya-Sinergi-Untuk-Peningkatan-Pengelolaan-Perikanan-Berkelanjutan

Buka Pertemuan KPBP Sulteng, Sekprov : Pentingnya Sinergi Untuk Peningkatan Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan

Palu-Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina membuka secara resmi pertemuan Komite Pengelola Bersama Perikanan (KPBP) Provinsi Sulawesi Tengah. Bertempat, di Hotel Santika Palu. Kamis, (29/8/2024).

Pada kesempatan itu, Sekprov Novalina menyapaikan komite pengelolaan bersama perikanan merupakan sebuah mekanisme kerjasama dalam pengelolaan sumber daya perikanan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, nelayan, industri perikanan, dan kelompok masyarakat lainnya.

Selain itu, pembentukan komite ini bertujuan membangun pemahaman bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tengah, akademisi, asosiasi perikanan dan LSM terkait tentang pendekatan pengelolaan bersama perikanan di Provinsi Sulawesi Tengah yang memungkinkan keterlibatan aktif dari berbagai pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan perikanan.

“Maka dari itu dengan adanya forum ini, kepentingan dan potensi konflik antara pemangku kepentingan dapat di identifikasi dan dikelola dengan lebih baik, agar dapat mencegah atau menyelesaikan konflik yang mungkin timbul dalam pemanfaatan sumber daya perikanan”, ujar Novalina

Ia pun mengatakan, meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari pemangku kepentingan terhadap kebijakan yang dihasilkan dapat saling berbagi informasi, pengalaman, dan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan perikanan.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi dapat menghasilkan solusi yang lebih inovatif dan efektif dalam mengatasi tantangan pengelolaan perikanan khususnya di Sulawesi Tengah”, ajak Sekprov

Sementara itu, Deputy Chife OF Party USAID Ber-Ikan Saut Tampubolon menyampaikan bahwa pengelolaan perikanan harus memperomosikan berkelanjutan sumber daya ikan seperti ; kualitas, keanekaragaman hayati dan jumlah yang cukup agar bisa memenuhi kebutuhan generasi saat ini dan generasi yang akan datang, yaitu ; keamanan, pengurangan kemiskinam dan pembangunan berkelanjutan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat berkolaborasi untuk pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dan menjaga keseimbangan antara kesehatan ekologi SDI dan Ekosistem serta sosial atau ekonomi”, pungkasnya.

Turut hadir ; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan, para pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, LSM dan para peserta rapat serta stekholder terkait.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan/PPID Pelaksana

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *