Konferda V GOPTKI Tahun 2023, Resmi Digelar.

Palu, Sulawesi Tengah – DPD Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Konferda V Gerakan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Tahun 2023. Bertempat, di Aula BPSDM Provinsi Provinsi Sulteng. Minggu, (30/4/2023)

Kegiatan ini, mengangkat tema “Optimalisasi Peran GOPTKI Dalam Peningkatan Kualitas PAUD Melalui Transformasi Organisasi.”

Konferda tersebut dihadiri Penasehat DPD GOPTKI Prov. Sulteng, Pembina DPD GOPTKI Provinsi Sulteng, Ketua GOPTKI Provinsi Sulteng, Para Ketua Yayasan GOPTKI Binaan Provinsi Sulteng, Ketua DPC Kabupaten dan Kota se- Sulteng serta Kepala Sekolah RA dan TK Binaan GOPTKI Provinsi Sulteng.

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah Yudiawati Vidiana selaku Pembina 2 membuka secara resmi kegiatan menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan sumber daya manusia yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Melalui sumber daya manusia yang unggul tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif, tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.

Terkait dengan hal tersebut, salah satu hal yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu.

Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama yang berkaitan dengan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik, khususnya terhadap anak usia dini, karena pada usia tersebut otak anak mudah menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tanpa melihat baik dan buruk.

“Itulah masa-masa dimana perkembangan fisik dan mental maupun spritual anak akan mulai terbentuk atau lebih sering disebut dengan usia emas atau golden age.” Sebut Kadis Pendidikan Provinsi

Pada kesempatan itu, Kadis Pendidikan Provinsi juga menjelaskan bahwa kehadiran Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI), seyogyanya dapat memberikan harapan dan perhatian yang besar untuk anak-anak yang berada di pelosok, dalam mengenyam pendidikan anak usia dini, yang relatif murah serta terjangkau secara finansial.

Melalui kemitraan yang telah dibangun bersama oleh seluruh pemangku kepentingan, lembaga pendidikan terkait utamanya Dinas Pendidikan demikian juga dengan Lembaga sosial terutama dengan Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang memiliki misi sosial dengan kelembagaan yang menjangkau sampai ke lapisan masyarakat terendah.

“Diharapkan dapat menghasilkan beberapa terobosan dan solusi cerdas terhadap pelaksanaan pendidikan anak usia dini, terutama wilayah pelosok pedesaan dalam rangka mempercepat realisasi penciptaan dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.”Ungkap Yudiawati dalam sambutanya

Selanjutnya, Kadis Pendidikan Provinsi menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada GOPTKI, semoga dalam menjalankan perannya sebagai penyelenggara pendidikan anak usia dini dapat melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dan bermartabat yang memiliki kepribadian serta jati diri.

Terakhir, Yudiawati Vidiana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Konferda V GOPTKI dan seluruh peserta.

“Selamat mengikuti Konferda GOPTKI semoga menghasilkan keputusan keputusan efektif yang dapat meningkatkan pelayanan Pendidikan anak usia dini demi terciptanya generasi emas.” Tutupnya

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *