*DENGAN ADANYA GALERY DEKRANASDA PELAKU USAHA DI KAB. TOLITOLI SEMAKIN MAJU DAN MENJADI KEBANGGAAN*

Tarian sambutan Moduai yang di persembahkan oleh Dinas Pariwisata Kab. Tolitoli dibawah asuhan Darwana M. Nasir, S. Sos, sebagai pembuka dalam kegiatan Launching Galery Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kab. Tolitoli digedung Galery Dekranasda Kel. Baru Tolitoli Jum’at, 2 Desember 2022

Laporan Ketua panitia pelaksana Agusniwati Ismail, S.Sos selaku Kepala Bidang Industri Logam Mesin Elektronika dan Ekonomi Kreatif Dinas Perindustrian Kab. Tolitoli Melaporkan, Peraturan Pemerintah Nomor. 29 Tahun 2018 tentang pemberdayaan industri, Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Peningkatan Produk Dalam Negeri, Keputusan bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 85/M/SK/3/1980 dan Nomor 276/1/1980 tentang Pembentukan Dewan Kerajinan Nasional Indonesia, Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 537/5038/Sospol tentang Pembentukan Dewan Kerajinan Nasional.

Dilanjutkan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk memajukan dan menampilkan kreatifitas dan budaya serta keterampilan
melestarikan kebudayaan lama dan asli serta membina pengrajin dan menciptakan teknologi baru dalam rangka mengembangkan industri budaya bangsa,
menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan bagi kehidupan sehari-hari.

Sambutan Ketua TP PKK Kab. Tolitoli selaku Ketua Dekranasda Kab. Tolitoli Ny. Sriyanti Amran mengapresiasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati serta Sekretaris Daerah Kab. Tolitoli yang telah banyak membantu sehingga kegiatan Dekranasda ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.
Ny. Sriyanti Amran berharap agar keadaan ekonomi di Tolitoli bisa meningkat melalui UMKM yang ada di 10 Kecamatan yang tadinya belum disentuh oleh Pemerintah atau belum dikenal banyak oleh masyarakat di Kab. Tolitoli.
Dengan adanya Dekranasda ini semua Pelaku usaha baik kerajinan tangan ataupun kuliner serta fashion dapat diperkenalkan hingga keluar daerah Tolitoli.

Dilanjutkan, hari ini kita sudah melihat dengan nyata program Bupati dan Wakil Bupati adalah salah satu misi beliau bagaimana meningkatkan 1000 UMKM yang ada di Kab. Tolitoli dapat dicapai bersama-sama.
Ucapan terima kasih dan apresiasi positif kepada Dinas Perindustrian Kab. Tolitoli yang sudah mendukung sepenuhnya kepada pelaku UKM dan IKM khususnya pelaku ekonomi kreatif.
Ditambahkan, Dekranasda ini menampung beberapa pelaku usaha yaitu 30 orang pelaku kuliner dan 25 orang pelaku kerajinan tangan yang tersebar di Kab. Tolitoli.
Dari 10 Kecamatan kami sudah meninjau serta melakukan pembinaan pelaku usaha Tolitoli dari Kec. Dampal Selatan hingga Kec. Tolitoli Utara. “Ujarnya”.

Sambutan tertulis Bupati Tolitoli Amran H. Yahya mengatakan, Pemerintah Daerah Kab. Tolitoli terus berupaya dalam mendukung dan mendorong dalam usaha UMKM terutama dalam proses promosi dan pemasaran hasil produksi sehingga kelak bisa menjadi penopang perekonomian di Kab. Tolitoli.
Dekranasda yang ada di Kab. Tolitoli bisa tumbuh dan berkembang serta berjalan dengan maksimal perlu dukungan dan support dari berbagai pihak.

Ditambahkan, banyak yang mempunyai kelebihan dan keterampilan dalam bidangnya masing-masing dan diberbagai sektor dan ini perlu kita dorong agar masyarakat kita bisa sejahtera dan lebih baik kedepannya.
Satu-satunya yang perlu kita lakukan saat ini agar perekonomian di Tolitoli makin berkembang yaitu dengan cara memberikan bantuan modal usaha dan dorongan kepada semua pelaku usaha mikro yang ada di Kab. Tolitoli.

Dalam wawancara singkat kami bersama Kepala Dinas Perindustrian Kab. Tolitoli Ir. Zakaria Mahmud mengatakan, setelah sekian lama para pelaku pengrajin dan pelaku usaha lainnya tidak mempunyai tempat untuk memasarkan hasil usaha mereka, dengan adanya Galery Dekranasda ini bisa menjadi kebanggaan kita semua warga Kab. Tolitoli.
Dikatakan, Dinas Perindustrian sebagai wadah yang memfasilitasi sarana yang ada agar pengunjung dan pelaku usaha nyaman berada didalam.

Diakhir wawancara Ir. Zakaria Mahmud berharap agar masyarakat Tolitoli sering-sering berkunjung dan berbelanja dari produk usaha kecil kita sehingga dengan demikian ketika pasaran dari produk yang ada di galery meningkat dan menjanjikan pelaku usaha semakin maju dan menjadi kebanggaan. “Ujarnya.”

Dalam kegiatan Launching Dekranasda Kab. Tolitoli turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Tolitoli, Sekertaris Daerah Kab. Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli Najaruddin Lanta, SH, MH, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kab. Tolitoli, Para Pimpinan BUMN dan BUMD serta pelaku usaha IKM dan UMKM Kab. Tolitoli.

Sumber : Dinas Kominfo Tolitoli

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *