Pj. Sekda Buka Rapat Koordinasi Sekaligus Kukuhkan Pengurus Forikan Provinsi Sulteng Periode 2022-2025.

Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Pj. Sekretaris Daerah Dr. Rudi Dewanto, SE., MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dengan tema “Protein Ikan Untuk Mengatasi Stunting” sekaligus mengukuhkan Pengurus Forikan Prov. Sulteng Periode 2022-2025. Bertempat, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur. Rabu, (2/11/2022)

Pada kesempatan itu, Pj. Sekretaris Daerah Dr. Rudi Dewanto, SE., MM menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja dan kontribusi Forikan periode sebelumnya, khususnya dalam mengedukasi manfaat makan ikan, menjadikan ikan sebagai kuliner sehat dan lezat, serta mendorong peningkatan jumlah konsumsi ikan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Saya ucapkan selamat atas pelantikan pengurus Forikan Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2022-2025.” Ucap Pj. Sekda dalam sambutanya

Selanjutnya, berdasarkan data nasional Sulawesi Tengah masih menghadapi permasalahan gizi di masyarakat dengan angka privalensi stunting sebesar 29,7% pada tahun 2021, dan Sulawesi Tengah berada di urutan ke 8 privelensi stunting tertinggi di Indonesia.

“Terus menjadi pelopor makan ikan dilingkungan kita masing-masing, agar menghasilkan generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas.” Jelas Rudi pada kesempatan itu

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tahun 2021, angka konsumsi ikan Provinsi Sulawesi Tengah sebesar 67,18 Kg per kapita/tahun, dari target 65,03 Kg per kapita/tahun. Sedangkan di tahun 2022, pemerintah daerah menetapkan target sebesar 68,5 Kg per kapita/tahun. Sehingga kebutuhan ikan diprediksi sebesar 203.009 ton.

Mengkonsumsi ikan dapat menjadi satu solusi bagi permasalahan ketahanan pangan dan gizi. sebab, ikan mengandung omega 3, 6, dan 9 sehingga memiliki peranan terpenting mendukung program peningkatan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan dan anak-anak dibawah umur dua tahun dalam rangka pembentukan kualitas sumber daya manusia yang produktif dan berdaya.

Rudi Dewanto meminta adanya kerjasama yang baik, antara PKK, Asosiasi dan Katua Forikan Kabupaten/Kota agar saling bersinergi dalam merancang program dan kegiatan yang didasari akan tujuan utama pembentukan Forikan di Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu ; untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat melalui program dan kegiatan yang nantinya dapat disepakati bersama.

Diakhir sambutanya, Rudi Dewanto berharap semoga jajaran pengurus yang baru dapat mempertahankan kinerja dan prestasi yang sudah diraih, bahkan bisa melahirkan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kinerja dan sinegritas Forikan bagi pembangunan Sulawesi Tengah.

Turut hadir : Unsur Forkopimda, Ketua dan Pengurus Forikan, Ketua Forikan Kabupaten/ Kota, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten/Kota, Stakeholder dan Mitra Kerja.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *