Wakil Gubernur Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022.

Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir bertindak sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022. Bertempat, di Teras Depan Kantor Gubernur. Senin, (28/10/2022)

Awalnya Upacara ini dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur. Namun, adanya hujan deras yang menguyur Kota Palu dan sekitarnya sehingga tempat pelaksanaan upacara dialihkan di teras depan Kantor Gubernur.

Walaupun hujan deras menguyur para peserta upacara dan unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Dinas, Badan dan Kepala Biro Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tetap mengikuti Upacara dengan Khidmat.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 Tahun 2022 mengangkat tema ‘’Bersatu Bangun Bangsa’’.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir bertindak sebagai inspektur upacara pada pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Tahun 2022.

Wakil Gubernur Ma’mun Amir membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali bahwa peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.” Kata Wakil Gubernur

Selanjutnya, Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa ‘’Bersatu Bangun Bangsa’’ adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa indonesia.

Inilah yang menjadi tekad, untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan, mewujudkan cita – cita pada saat ini dan sepanjang masa dengan semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar indonesia emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.” Ucap Ma’mun Amir pada kesempatan itu

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur mengajak, mari jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa, semoga tuhan yang maha esa, Allah yang maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan indonesia.

Pada rangkaian peringatan hari sumpah pemuda tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir, menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Tahun Toleransi 2022, tingkat SMP/MTS se-Kota Palu, yaitu ; kepada Pratiwi Dewi Caeisha Putri Juara 1, SMPN 2 Palu, Verena Amabelle Tracey Juara 2, SMPN 2 Palu, dan Nur Fadilah H. Akibu, Juara 3, MTSN 1 Palu dan

Selanjutnya, Tingkat SMA/MA mendapat penghargaan yang diserahkan oleh, Staf Khusus Presiden Ibu Ayu Kartika Dewi, kepada Nopsira Yepeikena, Juara 1, SMA Negeri 1 Buko Kabupaten Banggai Laut, Yusuf Satrio Yudho, Juara 2, SMKN 2 Palu, Kezia Evelyn Linda, Juara 3, SMA Negeri 2 Palu, serta pemenang lomba kebijakan publik untuk indonesia damai, Juara 1 Kelompok II diwakili oleh Budi Wirawan dan Taslim.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *