BPS Dukung Sensus Pertanian Tahun 2023 Melalui Seminar Nasional

Palu, Sulawesi Tengah. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah (BPS) gelar Seminar Nasional yang dirangkaikan dengan Peresmian Pojok Statistik Universitas Tadulako, dengan mengusung tema “Potensi Dan Ketahanan Pangan Sulawesi Tengah Dalam Menopang Nusantara Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Sulawesi Tengah”. Bertempat di Hotel Swiss-Bell. Rabu (19/10/2022).

Seminar Nasional Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 merupakan dukungan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik yang dalam hal ini diwakili oleh Deputi bidang statistik produksi badan pusat statistik M. Habibullah, S.Si., M.Si.

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertahanan Pangan dan Hortikultura Nelson Metubun, SP mengatakan, bahwa sensus pertanian 2023 merupakan sensus ke7 yang dilaksanakan badan pusat statistik dengan tujuan untuk menghasilkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat berupa basis data petani by name by adress, struktur demokrasi petani, lahan pertanian menurut penggunaan, produksi komunitas pertanian, serta adopsi legalisasi pertanian modern dan penggunaan teknologi informasi.

Dengan demikian data yang dihasilkan pada sensus pertanian tahun 2023 dapat digunakan sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam mendukung usaha pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani di Sulawesi Tengah.

Basis data petani yang dihasilkan pada sensus pertanian tahun 2023 juga dapat digunakan untuk mendukung agenda besar reformasi penyaluran subsidi pupuk berupa perbaikan data target. Selain itu juga, untuk memperkuat kebijakan pemerintah khususnya Provinsi Sulawesi Tengah dalam merespon tekanan terhadap sistim pertanian dan pangan seperti kelangkaan produksi, regenerasi petani dan lain sebagainya.

Diakhir sambutannya Nelson Metubun menghaarapkan agar seluruh dinas terkait dan asosiasi-asosiasi pertanian untuk bahu membahu bersama BPS dalam memberikan dukungan pada saat pelaksanaan maupun kegiatan sosialisasi.

“Olehnya koordinasi dan konsolidasi lintas institusi juga diperlukan guna mensukseskan sensus pertanian 2023” tambah Nelson.

Turut hadir : Deputi bidang statistik produksi badan pusat statistik, Kepala Bappeda Prov.Sulteng, Dinas Ketahan Pangan dan Hortikultura, Dinas Kominfo Prov.Sulteng, Perwakilan Universitas Tadulako, Mahasiswa

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulawesi Tengah

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *