Buka-Rakor-Pokja-KPA-Sulteng-Gubernur-Three-Zero-Tahun-2030

Buka Rakor Pokja KPA Sulteng, Gubernur : Three Zero Tahun 2030

Palu– Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Farid Rifai Yotolembah membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Anggota Pokja KPA Provinsi Sulawesi Tengah. Bertempat, di Gedung Bakeswi. Selasa, (27/8/2024)

Rakor ini juga dihadiri ; Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Provinsi Sulteng, Sekretaris KPA Provinsi Sulteng dan pejabat terkait lainya.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Farid R. Yotolembah membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan bahwa Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah sampai dengan bulan april tahun 2024 secara kumulatif terungkap berjumlah kurang lebih 4.023 kasus HIV.

“Terungkap saat ini sudah mencapai 85 persen, dimana penularannya lebih dari 90 persen melalui hubungan seks beresiko baik hetero seksual maupun homoseksual”, sebut Sahli Farid R. Yotolembah

Menurut Staf Ahli, upaya pengendalian HIV-AIDS telah dilaksanakan oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi maupun Kabupaten dan Kota namun belum optimal.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa pengetahuan masyarakat tentang informasi dasar HIV-AIDS masih rendah. Khususnya, pada anak usia 15-24 tahun dari 3.118 siswa yang mendapatkan sosialisasi hiv sejumlah 654 siswa/orang mempunyai pengetahuan komprehensif (32,29 persen) target 95 persen.

“Upaya pencegahan HIV-AIDS dapat secara langsung maupun melalui media sosial”, ujarnya

Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak terkait dan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan melawan HIV-AIDS sehingga dapat menekan adanya infeksi baru dan hilangnya stigma serta diskriminasi sebagai tujuan yang akan di capai Three Zero tahun 2030 yakni ; zero new infection, zero diskrimination dan zero related death aids.

“Gerakan penanggulangan HIV-AIDS di Provinsi Sulawesi Tengah perlu keterlibatan semua sektor”, pungkasnya

Melalui Sahli, Gubernur berharap agar OPD berkomitmen dan bersama-sama merencanakan progamnya sebagai anggota Pokja KPAP sesuai tupoksi masing-masing dan memadukan dengan upaya pencegahan HIV-AIDS.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *