Kolaborasi-Lintas-Program-Kemenpora-Dispora-Prov-Sulteng-dan-BKKBN-Gelar-Keluarga-Muda-Berdaya-X-Siap-Nikah-Goes-to-Campus-di-Universitas-Tadulako

Kolaborasi Lintas Program, Kemenpora, Dispora Prov Sulteng dan BKKBN Gelar “Keluarga Muda Berdaya X Siap Nikah Goes to Campus” di Universitas Tadulako

Palu, Sulawesi Tengah- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng berkolaborasi dalam rangka mewujudkan pemuda sebagai agen dalam upaya penguatan koordinasi dan sinergi lintas sektor melalui “program keluarga muda berdaya dan program siap nikah goes to campus”. Bertempat, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad). Senin, (26/08/2024)

Dalam sambutanya, Kadispora Prov. Sulteng Irvan Aryanto menyampaikan bahwa perkawinan usia muda menjadi salah satu permasalahan yang terus terjadi di Indonesia sampai hari ini, meskipun angka atau tingkat perkawinan usia muda tidak tinggi, akan tetapi terus meningkat disetiap tahunnya.

“Menurut laporan statistik Indonesia, jumlah kasus perceraian di Indonesia mencapai 516.334 kasus 2022, angka ini meningkat 15,31 persen dibandingkan 2021 yang mencapai 447.743 kasus”, sebut Kadispora

Ia juga menjelaskan, usia pada saat menikah mempunyai keterkaitan yang sangat kuat pada pola membina rumah tangga. Selain itu, perkawinan usia muda memicu sejumah risiko sehingga bisa mengakibatkan kepada ketahanan serta kualitas keluarga yang akan dibangun.

“Perkawinan muda akan berpengaruh terhadap ketahanan keluarga”, ujarnya

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih buat Kemenpora dan BKKBN RI yang sudah menyelenggarakan program kegiatan ini, dan ucapan terima kasih juga kepada Rektor kampus Universitas Tadulako yang sudah menyediakan tempat dan peserta.

Terakhir, Irvan berharap agar program kegiatan ini dapat menjadi wahana pembelajaran yang bermanfaat dalam membentuk pemuda tangguh generasi emas 2045 melalui keluarga muda berdaya.

Turut hadir : Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Andi Susanto, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI Edi Setiawan,
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Tadulako, Wakil dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitass Tadulako, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Dispora Provinsi Sulteng/PPID Pelaksana

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *