Gambar-WhatsApp-2024-08-26-pukul-14.38.44_7d1bd615

Kadis Kominfosantik Sulteng Membuka Secara Resmi Sulteng Digital Festival 2024

Palu, Sulawesi Tengah – Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosantik) Provinsi Sulteng Sudaryano R. Lamangkona secara resmi membuka Sulteng Digital Festival 2024. Bertempat, di Hotel Aston. Senin, (26/8/2024).

Kegitan ini diinisiasi oleh Dinas Kominfosantik Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Tribun Palu yang dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat.

Festival ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dimulai 26 Agustus hingga 1 September 2024 dengan menghadirkan berbagai kegiatan, seperti ; E-Sport Competition, Talkshow Cakap Digital, Quizz Digital, Art & Digital Content dan Pameran Teknologi, dengan tujuan untuk meningkatkan literasi digital dan mendorong adopsi teknologi di kalangan masyarakat Sulawesi Tengah.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Kominfosantik Provinsi Sulteng Aswin Saudo menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Sulteng Digital Festival 2024 adalah pertama, untuk mempercepat transformasi digital melalui peningkatan literasi digital, mendorong inovasi dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan memperkuat ekonomi digital.

Kedua, untuk menyediakan platform bagi masyarakat untuk belajar tentang teknologi terbaru, mengasah keterampilan digital, dan mengakses konten edukatif serta interaktif.

Ketiga, melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

Keempat, Menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komimfo santik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menyampaikan bahwa Sulteng Digital Festival 2024 merupakan wadah strategis untuk memperkuat ekosistem digital di Sulawesi Tengah dan memfasilitasi pertukaran ide serta inovasi antara berbagai pihak.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan festival ini, pentingnya digitalisasi sebagai pendorong utama kemajuan ekonomi dan sosial di era modern”, ucap Sudaryano.

Kemudian, Sudaryano juga mengungkapkan bahwa untuk mendorong Provinsi Sulawesi Tengah menjadi provinsi digital, salah satu terobosan yang dilakukan adalah melaksanakan pembangunan desa digital pada tahun 2025 mendatang, pada 123 desa di Sulawesi Tengah.

“Pembangunan desa digital ini diharapkan, dapat mempercepat akselerasi komunikasi dan informasi bagi masyarakat di desa, serta dapat menjadikan ragam platform aplikasi digital, sebagai media pembelajaran dan usaha bagi masyarakat , sehingga dapat menciptakan ekonomi digital dan memperkecil kesenjangan digital antara wilayah pedesaan dengan wilayah perkotaan”, kata Kak Ano, sapaan akrab Kadis Kominfosantik Sulteng

Terakhir Ia berharap, Sulteng Digital Festival 2024 dapat menjadi titik tolak bagi pengembangan sektor digital di daerah ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi.

“Saya berharap Sulteng Digifest ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan, dalam membangun Sulawesi Tengah yang inovatif dan berdaya saing, melalui pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat”, tutup Sudaryano.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara dan jadwal kegiatan, dapat dilihat melalui akun instagram @sultengdigifest atau dapat mengunjungi website digifest.sultengprov.go.id

Diakhir acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan (reward) kepada Dinas Kominfo ter-digital diraih DKISP Kab. Banggai, Aparatur Sipil Negara (ASN) ter-digital (Sekdaprov Novalina), radio ter-digital (RRI Palu), media elektronik ter-digital (TVRI Sulawesi Tengah), media cetak ter-digital (Harian Mercusuar), media online lokal ter-digital (Selebes.id), desa mandiri digital (Desa Toro), lembaga penyelenggara pemilu ter-digital (KPU Sulawesi Tengah), lembaga pemerintah non- departemen (UPT BMKG Stasiun Pemantau Stasiun Atmosfer Global Lore Lindu Bariri), UMKM ter-digital (Umi Home Baked), media content creator ter-digital (Soal Palu).

Turut Hadir : Plt. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Alfin Moehammad Husni, Kepala KPID Sulteng Indra Yosfidar, Perwakiln Forkopimda Sulteng, Jajaran Diskominfo kab/kota Sulteng, Perwakilan Perguruan Tinggi di Sulteng, Perwakilan Garuda Indonesia Palu, Sponsorship, Vendor, Content Creator, Peserta dan Panitia pelaksana.

Sumber : PPID Utama/Humas Provinsi Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *