Mengenal Desa Towale, Desa Potensi Wisata Internasional di Sulteng.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng Diah Agustianingsih melakukan wawancara dengan Tim Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo Pusat secara Virtual melalui Chanel YouTube Kominfo Newsroom.

Pada wawancara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng Diah Agustianingsih mengatakan, Desa Towale atau biasa dikenal dengan Desa Pusat Laut adalah salah satu Desa yang masuk di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Dan Desa ini bisa di tempuh dengan jarak sekitar 45 menit dari Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

“Desa wisata ini memang kami dorong khusus, karena Desa ini menawarkan keindahan bawah laut dan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih.”Ucap Kadis Pariwisata Provinsi Sulteng

Bersamaan dengan itu, Hal tersebut juga menawarkan kearifan lokal masyarakat, dimana mereka hampir sebagian besar bekerja dengan menenun sarung Donggala atau biasa di kenal dengan Buya Sabe atau Batik Bomba.

“Jadi, ini adalah integrasi antara keindahan alam dan budaya, itulah yang kami tawarkan dari Desa Towale.” Ujar Diah Agustianingsih

Kemudian, Salah satu destinasi yang bisa di kunjungi oleh wisatawan juga di Desa Towale adalah destinasi religinya, sebuah mesjid yang di bangun sejak zaman kerajaan Kaili pada tahun 1800-an. Dan mesjid ini dinamakan mesjid Bulava Mpongeo.

Selain itu, ada juga yang menjadi daya tarik para wisatawan ketika berkunjung adalah atraksi dan ritual budaya memandikan kucing yang terbuat dari emas yang merupakan salah satu ritual yang biasa dilakukan menolak balla menurut kepercayaan masyarakat sekitar.

Masyarakat di Desa Towale hampir 80 persen bekerja sebagai penenun, khususnya ibu-ibu. Peralatannya pun masih menggunakan alat tenun tradisional. Dan juga motif kain tenun yang memiliki ciri khas tersendiri yakni, motif dasar bunga yang di modifikasi dalam berbagai bentuk.

“Itulah yang membedakan dari tenun daerah-daerah lain.” Sebut Diah

Selanjutnya, Kadis Pariwisata juga menjelaskan bahwa apabila para wisatawan yang ingin berkunjung ke Sulawesi Tengah apalagi datang ke Desa Towale, hal nomor satu yang perlu dilakukan adalah mencoba kuliner khas Sulteng yakni, Kaledo (Kaki Lembu Donggala) dan Dange yang merupakan kuliner khas Sulteng yang terbuat dari sagu.

Lebih lanjut, Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi Desa Towale adalah keberadaan satu sumur yang di beri nama pusat laut atau dalam bahasa Kaili sebut puse ntasi, sumur ini berdiameter 10 meter dengan kedalaman 7 meter yang merupakan sumur terbesar di dunia. Ini merupakan salah satu keunikan tersendiri dari Desa Towale. Kononya di katakan bahwa jika mandi di sumur ini akan membuat orang menjadi awet muda.

“Makanya, Desa Towale ini juga dinamakan desa pusat laut karena keberadaan sumur ini.” Jelas Diah dalam dialog wawancara

Salah satu upaya Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng dalam mewujudkan Desa Towale sebagai salah satu desa wisata pusat laut yang mendunia adalah dengan mendorong Desa Towale untuk ikut dalam anugerah desa wisata karena melihat begitu banyak potensi di dalamnya.

“Kami bersyukur, Desa Towale masuk dalam 75 Desa terbaik dalam anugerah desa wisata Indonesia.” tuturnya

Atas upaya tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng akan terus memberikan pendampingan dan melatih khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) serta memberikan edukasi kepada masyarakat tanpa meninggalkan apa yang sudah mereka pelihara menjadi kearifan lokal mereka khususnya sumber pendapatan dengan menenun.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan fashion designer yang mendesain pakaian-pakaian yang bagus dan cantik. Dan bahkan di buat lagi dalam bentuk tas, sepatu dan berbagai macam produk lainya.” Ungkap Diah

Terakhir, Kadis Pariwisata berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Donggala dan Perangkat Desa serta seluruh pihak untuk terus bekerja sama, mendukung, mempublikasikan dan mempromosikan Desa Towale sebagai Desa wisata.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

Narahubung : Ahyain (082251271042)

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *