Kampung Baru Fair : Lebaran Mandura Ke-8 Tahun 2023 Kembali Digelar.

Palu, Sulawesi Tengah – Gelaran Kampung Baru Fair – Lebaran Mandura Ke-8, meriahkan suasana perayaan Idul Fitri tahun ini. Bertempat, di Jl. Cokrominoto, Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Jum’at, (28/4/2023).

Gelaran Kampung Baru Fair – Lebaran Mandura dimulai dari pada 28 April 2023 sampai dengan 30 April 2023, dengan mengusung tema “Religi, Tradisi dan Urban.”

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Palu, Reny A. lamadjido, sekaligus peresmian tugu mandura.

“Saya berharap tugu mandura ini menjadi sebuah ikon dan dapat menginspirasi seluruh masyarakat Kota Palu dalam mencapai keberhasilan dan kejayaan dalam berbagai bidang” ucap Reny.

Lebih lanjut, Reny A. Lamadjido, mengapresiasi masyarakat kampung baru yang terus konsisten melestarikan Lebaran Mandura yang dirangkaikan dengan Kampung Baru Fair.

“Semoga melalui momentum ini, tali persaudaraan menjadi semakin erat dan mewujudkan Kota Palu yang lebih maju dan mantap bergerak” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Farid Rifai Yotolembah mengatakan, Pemprov Sulteng bersama Pemkot Palu akan melatih masyarakat kampung baru, khususnya pelaku ekonomi kreatif dalam hal pengembangan produk pangan mandura, sehingga dapat menjadi komoditi unggulan dari Kota Palu, khususnya kampung baru.

“Makanan Tradisional Mandura nantinya akan dikemas lebih menarik sehingga dapat menjadi oleh-oleh khas kota palu, khususnya kampung baru” tambah Farid.

Pada hari pertama, antusias pengunjung sudah terasa menyeruak sejak awal kegiatan dimulai. Pengunjung ditemani dengan udara malam yang sejuk sambil menikmati hiburan dan kuliner yang disajikan dalam pameran.

Pameran ini, diramaikan dengan pawai obor dari barisan anak kampung baru sambil mengarak mandura yang disusun berbentuk segitiga. Ini sebuah acara menarik yang disajikan warga kampung baru dalam nuansa religi.

Para pengunjung tumpah ruah diberbagai titik dalam gelaran pameran tersebut. Sebagian meramaikan deretan gerai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan berbelanja jajanan. Ruang dibagian panggung utama juga dipenuhi pengunjung yang asik menikmati hiburan musik dari band lokal kota palu.

Salah satu pengunjung, Fajar mengatakan sangat senang dengan adanya acara ini, karena bisa mengenal lebih dalam tentang budaya Lebaran Mandura.

“Saya sangat senang bisa datang ke kegiatan ini. Saya bisa menikmati seni budaya dan kuliner khas daerah. Ini sangat menyenangkan bagi saya,” jelasnya.

Kegiatan ini berhasil menciptakan suasana yang ceria dan meriah, di mana para pengunjung dari berbagai kalangan dan latar belakang saling berbaur dan menikmati kegiatan yang diselenggarakan.

Turut hadir : Bupati Sigi, Irwan Lapatta, Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf, Dr. Mohammad Amin, M. Sn, MA, Pemangku Adat, Kepala OPD Lingkup Prov. Sulteng dan Kota Palu yang sempat hadir dan Drs. H. Longki Djanggola.

Narahubung : Zyahroel (zsiara1@gmail.com)

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *