Asisten II Buka Secara Resmi Sulteng Ekonomi Syariah Expo Sekaligus Kick Off Gernas BBI/BBWI 2023

Palu, Sulawesi Tengah – Perwakilan BI Sulawesi Tengah menggelar Sulteng Ekonomi Syariah Expo yang dirangkaikan dengan Kick Off Gernas BBI/BBWI 2023 bersama Dinas Perindag dan Dinas Koperasi dan UKM. Berlokasi di Taman Gor, Jl. Moh. Hatta. Kota Palu. Jumat (14/4/2023)

Kegiatan Expo ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 14 sampai dengan 16 April 2023 yang diramaikan dengan berbagai macam stand UMKM yang menjual produk khas Sulteng mulai dari kerajinan, fashion hingga olahan pangan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kemenkumham, Sekjen Kementerian ESDM, Dirjen Kementerian KKP, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Walikota Palu, Bupati Sigi, Bupati Donggala, Bupati Parigi Moutong, Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah, Pimpinan BUMN dan Perbankan serta Pimpinan Dinas dan instansi lainnya.

Kepala Perwakilan BI Sulteng Dwiyanto Cahyo Sumirat sekaligus Kepala Pelaksana menjelaskan potensi Ekonomi Syariah yang besar dapat menjadi sumber potensi ekonomi yang baru di Sulawesi Tengah dalam berbagai sektor.

“Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan ekonomi keuangan syariah akan semakin dikenal secara lebih luas tanpa mengenal batasan apapun” Ucap Dwiyanto Cahyo Sumirat

Dalam membuka kegiatan ini secara resmi, Gubernur diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto menyampaikan Sulawesi Tengah seperti raksasa yang tertidur karena menyimpan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa namun sayangnya belum banyak terekspos.

“Kita perlu suatu terobosan dan strategis jitu untuk membangunkan The Sleeping Giant atau raksasa yang tertidur saat ini supaya berbagai macam potensi domestik Sulawesi dapat digali dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan kesejahteraan masyarakatnya” Kata Rudi Dewanto.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan beberapa agenda kegiatan yang akan diadakan kedepannya dalam rangka Gernas BBI seperti Latihan Digital bagi pelaku UKM dan IKM, Rencana Bisnis Matching, Kegiatan Transfer Fair dan masih banyak kegiatan lainnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi dengan menabuh rebana bersama-sama oleh Asisten II, Kepala Perwakilan BI Sulteng, Kadis Perindang, dan Kadis Koperasi dan UKM serta beberapa tamu VIP dari Pemerintah Pusat.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan PSBI kepada Ponpes Modern Alkhairaat Siniu dan Kelompok Kopi Kamanaru serta Penyerahan Sertifikat Halal kepada beberapa UMKM, Selain itu ada juga penampilan Fashion Show menggunakan kreasi tenun khas Sulteng.

Diakhir kegiatan Asisten II Rudi Dewanto mencoba melakukan transaksi pembelian dalam Vitrual Expo Metanesia yang telah dibuat oleh Telkom Indonesia.

Turut Hadir : Kemenkumham, Sekjen Kementerian ESDM, Dirjen Kementerian KKP, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Walikota Palu, Bupati Sigi, Bupati Donggala, Bupati Parigi Moutong, Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah, Pimpinan BUMN dan Perbankan serta Pimpinan Dinas dan instansi lainnya.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *