Anugrah Penyiaran 2023 Kembali Di Gelar, Berikut Pemenang Nominasi.

Palu, Sulawesi Tengah – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah menggelar Penganugrahan Penyiaran 2023 dengan mengusung tema “Siaran Kita, Inspirasi Kita, Asa Kita Untuk Sulawesi Tengah Lebih Maju Dan Sejahtera”. Bertempat, di Sriti Convention Hall Palu. Rabu, (15/02/2023).

Anugrah Penyiaran KPID Sulawesi Tengah kembali dilaksanakan ditahun 2023 setelah 3 tahun sempat vakum, yang mana terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2019 dikarenakan bencana non-alam Covid-19. Anugrah KPID Sulawesi Tengah merupakan apresiasi yang diberikan kepada program televisi dan radio yang memiliki kualitas terbaik. Penilaian tersebut didasarkan atas keselarasan program siaran dengan tujuan terselenggaranya penyiaran yang mana disebut dalam UU No. 32 Tahun 2002 tentang penyiaran.

Pedoman perilaku penyiaran dan standar program penyiaran KPI tahun 2012 juga menjadi tolak ukur utama dalam menilai setiap program siaran yang diajukan televisi dan radio untuk menerima anugrah. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah kualitas konten dan kemanfaatannya bagi publik. Pada penganugrahan tahun 2023 ini, penilaian diberikan pada program siaran yang ditayangkan sepanjang januari hingga desember tahun 2022.

Dalam sambutan Ketua KPID Sulawesi Tengah Indra A. Yosvidar mengatakan, lembaga penyiaran yang ikut serta dalam ajang penganugrahan penyiaran KPID 2023 awalnya sebanyak 52 lembaga. Namun, setelah dilakukan penyaringan, maka yang berhak ikut sebanyak 50 lembaga penyiaran. Selain memberikan penghargaan kepada lembaga ataupun insan penyiaran terbaik, KPID Sulteng juga akan memberikan penghargaan kepada salah satu tokoh penyiaran yang ada di Sulawesi Tengah.

Pada sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Plt. Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Abdul Raaf Malik, mengapresiasi atas digelarnya penganugrahan penyiaran KPID Sulteng 2023, yang mana dalam mewujudkan penyiaran yang baik adalah tanggung jawab bersama. Sehingga diperlukan suatu kolaborasi dari semua komponen bersama-sama KPID Sulteng sebagai pengawal dan pengawas konten siaran dari hal-hal negatif yang dapat merusak masyarakat.

Selanjutnya, Abdul Raaf Malik berharap, dengan adanya Penganugrahan KPID Sulteng tahun 2023 ini, dapat memompa semangat insan penyiaran dan lembaga penyiaran untuk dapat terus berkarya dengan lebih meningkatkan komitmen dan kontribusinya untuk menampilkan produk-produk siaran yang berkualitas dihadapan publik.

Adapun pemenang nominasi Anugrah Penyiaran 2023 KPID Sulawesi Tengah yaitu:

  1. Kategori feature radio dimenangkan oleh Radio Insania
    Kategori feature televisi dimenangkan oleh Kompas TV Palu
  2. Kategori Talkshow radio dimenangkan oleh blasmaone luwuk
    Kategori Talkshow televisi dimenangkan oleh TVRI Sulteng
  3. Kategori iklan layanan masyarakat radio dimenangkan oleh MS Radio
    Kategori Iklan layanan masyarakat televisi dimenangkan oleh Trans TV Palu
  4. Kategori berita jurnalistik radio dimenangkan oleh RRI Palu
    Kategori berita jurlanistik televisi dimenangkan oleh Kompas TV Palu
  5. Kategori penyiar/presenter radio pria dan wanita dimenangkan oleh Erwin dari RRI Palu dan Nana Rachman dari Nebula FM
    Kategori Presenter Televisi wanita dimenangkan oleh Ayu Porotuo dari TVRI Palu

Turut hadir: Ketua DPRD Prov. Sulteng, Kadis pendidikan Prov. Sulteng, Kadis Pariwisata Sulteng, Sekdis Kominfo Sulteng, KPID Sulbar, Ketua KPID Sulsel, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Forkopimda, Kepala Badan Penyiaran Radio dan Televisi serta pimpinan redaksi seluruh media Sulteng.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *