Gubernur Buka Musyawarah Wilayah 13 Muhammadyah dan Aisyiyah Sulawesi Tengah Tahun 2023.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, bersama Ketua DPRD Provinsi Dr. Nilam Sari Lawira, SP., MP membuka secara resmi Musyawarah Wilayah 13 Muhammadyah dan Aisyiyah Sulawesi Tengah. Sabtu, (14/1/2023)

Pada kesempatan itu, Gubernur didampingi
Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, M.Si, Kaban Kesbangpol Dr. Fahruddin Yambas, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Yudiawati V. Windarussliana, S.KM., M.Kes, Kadis Kesehatan dr. I Komang Adi Sujendra, Sp.PD, Karo Umum Dr. Suandi, S.T, M.Si, Karo Kesra Drs. Awaludin, M.Si.

Adapun tema pelaksanaan Musyawarah Wilayah 13 Muhammadyah dan Aisyiyah Selawesi Tengah yakni ; “Memajukan Sulawesi Tengah, Mencerahkan Indonesia” dan “Perempuan Berkemajuan, Mencerahkan Peradaban Bangsa”.

Sambutan selamat datang dari Bupati Banggai, Ir. Amir Tomorake menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan PW Muhammadyah dimana Kabupaten Banggai sebagai pelaksanaan Musyawarah Wilayah 13 Muhammadiyah dan Asyiyah Sulawesi Tengah.

Bupati juga berterima kasih atas pembangunan RS. Muhammadiyah di Kabupaten Banggai dimana tanahnya di wakafkan keluarga H. Murad Husain. Ia juga
menyampaikan harapannya kepada Gubernur dan semua pihak untuk terus membangun Kabupaten Banggai.

Ketua Aisyiyah Sulawesi Tengah Dra. Nursyah, menyampaikan keberhasilan dan perhatian Organisasi Aisyiyah yang terus mendorong pemerintah dalam memperbaiki kemajuan umat, Organisasi Aisyiyah juga telah berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana Sulawesi Tengah diwilayah Palu, Sigi, Donggala, Parigi Moutong.

Dalam pidatonya, Ketua PW Muhammadyah Sulawesi Tengah Hadi Sucipto, B. Sc, M, Hi. menyamapaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah atas pencerahan yang diberikan kepada Pengurus PW Muhammadiyah yang waktu berkunjung di Kantor Gubernur, dimana Gubernur memberikan dorongan untuk terus membangun kebersamaan dan Muhammadiyah dapat memberikan dukungan untuk pembangunan Sulawesi Tengah.

Hadi Sucipto menyampaikan harapannya kiranya seluruh Anggota Muhammadiyah, jadikanlah Ilalang yang kering menjadi sejadah yang hijau yang disinari matahari dan buatlah organisasi Muhammadiyah menjadi organisasi yang berguna dan membangunan bangsa bersama Pemerintah.

Selanjutnya, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Irwan Akib, M, Pd menyampaikan apresiasi atas perhatian Gubernur Sulawesi Tengah untuk membangun umat.

Selanjutnya, Irwan Akib menyampaikan bahwa komitmen Muhammadiyah terhadap dasar negara Pancasila sangat kuat dan tidak perlu diragukan lagi, selanjutnya meminta seluruh keluarga Muhammadiyah agar mendukung pemerintahan dan terus bersama pemerintah untuk membangun Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila.

Ia berharap kiranya Musyawarah Wilayah Ke-13 PW Muhammadiyah dan Aisyiyah dapat berjalan baik dan menghasilkan keputusan-keputusan strategis untuk kemajuan organisasi dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menyampaikan rasa bangga terhadap organisasi Muhammadiyah yang terus memberikan dukungan terjadap pemerintah dan menjaga NKRI untuk tetap utuh dan bersatu.

Gubernur juga menyampaikan sejarah peradaban Islam dan tokoh-tokoh Islam yang berbesar hati merumuskan Pancasila sebagai falsafah Bangsa, betapa besarnya peran ulama, kiai dalam perumusan dasar negara Indonesia.

“Untuk menghargai kebesaran kepahlawan para ulama dan kiai kita, sebagai penerusnya kita harus terus membangun kebersamaan dalam keberagaman untuk kemajuan NKRI termasuk Organisasi Muhammadiyah.” Ucap Gubernur Rusdy Mastura dalam kesempatan itu

Selanjutnya, Gubernur Rusdy Mastura juga menerangkan bahwa kemajuan Sulawesi Tengah dalam masa kepemimpinannya, seperti ; peningkatan Fiskal Daerah melalui PAD, pendapatan asli daerah dari Rp. 900 Miliar, saat ini dapat meningkat menjadi Rp. 1,71 Triliun, pertumbuhan pembangunan Sulawesi Tengah terbesar ke- 3 di Indonesia, IPM Sulawesi Tengah sangat baik berada pada 70,28, Gini Rasio sangat baik dan Investasi terbesar kedua di Indonesia sebesar Rp. 76 Triliun TW III Tahun 2022.

Gubernur menyampaikan Pemerintah Provinsi akan membantu apa yang diminta Ketua Aisyiyah berupa Mobil dan menyerahkan bantuan hibah untuk Universitas Muhammadiyah sebesar Rp 250.000.000 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Terakhir, Gubernur Rusdy Mastura mengharapkan peran Muhammadiyah dan seluruh organisasi keagamaan bersama pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan demi mewujudkan kemajuan Sulawesi Tengah, Bangsa dan Negara.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *