PD-IPI Diharap Tingkatkan Kualitas Perpustakaan dan Kompetensi Pustakawan

Gubernur H. Rusdy Mastura diwakili Plt Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Abdul Raaf Malik, M.Si memberi selamat atas pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Provinsi Sulteng, bertempat di Hotel Jazz, Selasa (27/12).

“Semoga (PD-IPI Sulteng) menjadi wadah pergerakan para pustakawan dalam berkomunikasi, berprestasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, utamanya sebagai mitra pemerintah daerah sehingga dapat meningkatkan kualitas perpustakaan serta minat baca masyarakat,” harapnya ke Dr.Ir Alimuddin Paada,MS selaku Ketua PD-IPI Sulteng periode 2022-2025.

Gubernur Rusdy Mastura lanjut Plt Staf Ahli meminta wadah perkumpulan pustakawan ini berkontribusi dalam percepatan transformasi perpustakaan daerah berbasis inklusi sosial.

“Utamanya mendukung kegiatan membaca sebagai suatu kebutuhan dan gaya hidup yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas SDM kita,” imbuhnya.

Serupa dengan arahan gubernur, Ketua Umum IPI T. Syamsul Bahri, SH, M.Si meminta pengurus daerah mengembangkan inovasi dan profesionalisme supaya pustakawan tetap survive (bertahan) di era disruptif.

“Agar Kita tidak dikalahkan teknologi maka Kita harus meningkatkan kompetensi pustakawan,” saran Beliau supaya profesi pustakawan tidak ditenggelamkan kemajuan teknologi.

Sementra itu, Ketua PD-IPI Sulteng Alimudin Paada mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap buku bacaan tetap tinggi, utamanya di daerah-daerah pelosok yang belum memiliki sarana telekomunikasi memadai.

“Buku masih dibutuhkan walau sekarang era android dan juga menjadi tantangan Kita bagaimana mendorong orang menulis buku,” tandasnya bahwa selain budaya membaca, budaya menulis juga harus ditanamkan untuk merawat peradaban.

Turut hadir di acara Akademisi Untad Prof. Dr. Slamet Riadi Cante, M.Si, Penulis Novel Cinta di Tengah Likuifaksi Hamzah Rudji, Kadis Perpustakaan Sulteng Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM dan undangan lainnya.

(Ro Adm Pimpinan Setdaprov Sulteng)

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *