Gubernur Sulteng Terima Perwakilan 22 Koperasi Tambang Rakyat Kabupaten Toli-Toli.

Palu, Sulawesi Tengah – Gubernur H. Rusdy Mastura menerima Perwakilan 22 Koperasi Tambang Rakyat asal Desa Oyom, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Toli-Toli. Bertempat, diruang VVIP Bandara Sis Aljufri Palu. Rabu, (21/12/2022)

Tampak hadir pada kesempatan itu, Dirut PT. Sulteng Mineral Sejahtera, Ketua BPD Desa Oyom dan beberapa rombongan Gubernur.

Dirut PT. Sulteng Mineral Sejahtera Akhmad Sumarling, SE meminta kepada Gubernur, PT. Sulteng Mineral Sejahtera untuk membantu mendampingi Koperasi ini termasuk dalam mengurus segala kelengkapan Izinnya, supaya mereka legal dalam melakukan aktivitas penambangan dan tidak ada lagi yang namanya penambang ilegal di sana.

Kak CUDI, sapaan akrab Gubernur mengatakan, mendukung sepenuhnya 22 koperasi pertambangan rakyat yang berkedudukan di Desa Oyom, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Toli-Toli demi terciptanya lapangan kerja baru yang bermartabat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Gubernur Rusdy Mastura, menitipkan amanah pendampingan ini kepada Akhmad Sumarling, SE selaku Dirut PT. Sulteng Mineral Sejahtera dengan melakukan pembinaan yang baik terhadap masyarakat tambang, lewat pemberdayaan.

“Kepercayaan masyarakat ini tidak disalah gunakan, jika disalah gunakan pasti akan saya tegur, kalau ada pelanggaran hukum, akan saya tindak tegas.” Kata Gubernur kepada Dirut PT. Sulteng Mineral Sejahtera

Menurutnya, ruang ini diberikan demi terwujudnya niat bersama untuk membangun dari hulu ke hilir. Ia juga memberi contoh, bahan bakunya di ambil oleh masyarakat, pengolahannya di PT. Sulteng Mineral Sejahtera sehingga terjadi transaksi jual – beli.

Terkait dengan Perizinan, Gubernur berjanji akan selalu memantau dan membantu percepatan proses perizinan koperasi agar masyarakat bisa segera bekerja secara Legal dan akan mensinergikan dengan pihak terkait termasuk aparat penegak Hukum seperti Polda Sulteng.

“Bila masih ada  yang melakukan aktivitas penambangan Ilegal atau perbuatan melanggar hukum, saya akan tindak tegas.” Tegas bung Cudy sapaan akrab Gubernur

Lanjut, Gubernur berjanji akan datang menemui masyarakat, nanti kita jadwalkan. Mendengar jawaban itu seluruh perwakilan Koperasi menyampaikan terima kasih kepada H. Rusdy Mastura.

Terakhir, Gubernur Rusdy Mastura meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tenang dan jangan berbuat gaduh.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *