Wakil Gubernur Buka Pameran Sambut Harkannas Ke-IX di Kabupaten Parigi Moutong

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Ma’mun Amir secara resmi membuka pameran dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang ke-IX, bertempat di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu 19 November 2022.

Peresmian pameran, ditandai penekanan tombol oleh Wakil Gubernur Drs H Ma’mun Amir didampingi Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE, serta pejabat lainnya dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta kunjungan ke stand pameran.

Provinsi Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Lampung, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Utara, Aceh, KKP RI ikut meramaikan stand, termasuk kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

Wakil Gubernur Drs. H. Ma’mun Amir dalam sambutan gubernur menyampaikan, Gubernur Sulawesi Tengah semula ingin membuka kegiatan tersebut, akan tetapi karena padatnya kegiatan sehingga beliau ditugaskan untuk mewakili.

Wakil Gubernur sekaligus menyampaikan permohonan maaf karena baru sempat hadir di Kabupaten Parigi Moutong setelah beberapa kali diundang.

Menurut Wakil Gubernur, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki beberapa kawasan unggulan misalnya kawasan kawasan kelautan atau cold storage di Kabupaten Banggai Laut, kemudian kawasan pangan di Kabupaten Donggala dan sebagainya.

Di sisi lain Wakil Gubernur mengakui angka kemiskinan masih tinggi karena masih banyak kasus stunting. Stunting identik dengan orang miskin.

Menurut Wakil Gubernur, pihaknya lagi melakukan koreksi terhadap orang miskin di Sulawesi Tengah, pasalnya karena ada transfer dana desa sebesar 40% yang diperuntukkan bagi orang miskin.

Wakil Gubernur juga menyampaikan adanya keluhan sebagian masyarakat dalam pengajuan kur 3% yang sudah ditandatangani gubernur, akan tetapi kadang-kadang tidak dimanfaatkan dengan bagus oleh UMKM, alasannya Ketika di depan Gubernur katanya gampang dan mudah, tapi begitu berhubungan dengan pihak perbankan, proses administrasinya agak sulit. Untuk itu saya berharap pihak perbankan, apabila memberikan modal pada pengusaha agar dibina serta dibimbing, kalau berhasil Insyaallah dapat bagian, kalau tidak berhasil anggaplah itu sebagai bagian untuk masuk surga.

Wakil Gubernur berharap, pameran yang dilaksanakan
mampu mensuplai kebutuhan masyarakat karena sekarang ini pemerintah provinsi lagi mempersiapkan diri dalam rangka mensuplay kebutuhan ibu kota negara dengan meningkatkan semua sektor, baik itu ekonomi, transportasi dan sebagainya.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah, Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Parigi mautong selaku tuan rumah acara peringatan Hari ikan nasional ke-9 Tahun 2022,” ujar Wakil Gubernur.

Momentum ini merupakan peluang bagi Kabupaten Parigi Moutong untuk mempromosikan potensi Kelautan dan Perikanan yang dimiliki untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional sejalan dengan itu maka tema yang diusung dalam harta kanas ke-9 ialah ikan menyehatkan dan mencerdaskan generasi unggulan Dan saya harap semoga melalui pameran ini pesan-pesan akan pentingnya mengkonsumsi ikan dapat tersosialisasikan dengan baik dan kreatif

“Saya harapkan pameran ini dapat merangsang pertumbuhan bisnis UMKM sektor Kelautan dan Perikanan UMKM,” guna peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan,” tutup Wakil Gubernur

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua TP. PKK Hj.Halimah Amir, Direktorat jenderal PDS PKP Erin Dwiyana SPI MST, Direktur Bank Sulteng, Direktur Udang PT. Esaputli, Bakti Baramuli, Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Ngai, SE, Bupati Boalemo Dr. Drs. Henry one MSI, anggota DPRD kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung Suryoatmono, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Nelson Metumbuh MP, Kadis Kelautan dan Perikanan, Moh. Arif Abd. Latjuba, SE, M.Si, Kadis Perindag Prov. Sulteng Richard Arnaldo SE, M.SA, Kadis Perkebunan dan Peternakan Ir. Maya Malania Noor, MT, Forkopimda Kabupaten Parigi Moutong. Kadis ketahanan pangan Sigi Ir. Andi Aco Petta Lolo MSI, Kadis perikanan dan kelautan Rusdi Rahmat, serta pejabat terkait lainnya

Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Ngai SE dalam sambutan selamat datangnya

Wakil Bupati terlebih dahulu menyampaikan terima kasih atas dukungan bapak gubernur yang diwakili bapak wakil gubernur.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Parigi motong Provinsi Sulawesi Tengah Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur dalam hal ini dihadiri oleh bapak wakil gubernur bersama wakil ketua tim penggerak PKK beserta seluruh peserta pameran di Kabupaten Parigi motong. pameran yang kita laksanakan merupakan rangkaian dari pelaksanaan hari internasional Harkanas ke-9 Tahun 2022 yang mengangkat tema ikan menyehatkan dan mencerdaskan generasi unggul,” ujarnya

Menurutnya Harkannas diperingati setiap tanggal 21 November yang ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang hari ikan nasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi dan juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dengan tetap berprinsip pada pelestarian alam.

“Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Parigi Moutong sangat bersyukur karena mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan. keinginan kami melaksanakan program nasional tahunan ini sudah sejak lama, Alhamdulillah di Tahun 2022 ini dapat terwujud, hal tersebut tak lepas dari peran serta Bupati Parigi Moutong dan Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Tengah,” ujarnya

Biro Administrasi Pimpinan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.