Asisten II Buka Secara Resmi Rakor Program Kegiatan Pembangunan TPH Prov. Sulteng 2023.

Palu, Sulawesi Tengah – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Rapat Koordinasi Program Kegiatan Pembangunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulteng 2023. Bertempat di Rama Garden Hotel, Jl. Tanjung Santigi No. 26. Kota Palu. Rabu (22/2/2023)

Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas TPH Prov. Sulteng kali ini mengusung tema “Peranan Sub Sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura Sebagai Bantalan Perekonomian Masyarakat, Penurunan Kemiskinan dan Stunting serta Pengendalian Inflasi Daerah”.

Rakor ini dihadiri oleh Kadis Pertanian Kab/Kota se-Sulawesi Tengah, Seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi/Kepala Sub Bagian serta Pejabat Fungsional Lingkup Dinas TPH Prov. Sulteng, Kepala BMKG Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri, Kepala BPS Prov. Sulteng.

Ada beberapa tujuan dari kegiatan rakor ini diantaranya yaitu ; pertama, mendorong dan meningkatkan koordinasi serta keterpaduan kegiatan bantuan pemerintah komoditi Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kedua, meningkatkan luas tanam dalam rangka peningkatan produksi adan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura.

Ketiga, melakukan analisa terhadap sumber atau potensi tekanan inflasi daerah.

Sekertaris Dinas TPH Prov. Sulteng sekaligus Ketua Panitia Arif Subandi Asikin menjelaskan potensi inflasi di bulan Januari 2023, untuk bahan makanan yang bergejolak masih dalam kondisi baik.

“Tetapi, yang perlu diwaspadai adalah harga yang diatur oleh pemerintah.” Kata Arif Subandi Asikin.

Pada Rakor ini, Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto membuka kegiatan ini secara resmi sekaligus menyampaikan di tahun 2022 Prov. Sulteng mengalami surplus beras 74.663 Ton.

“Surplus sebesar 75.000 Ton ini secara nasional menempatkan kita Sulawesi Tengah sebagai provinsi yang surplus di urutan yang ke-9 di Indonesia.” Ucap Rudi Dewanto

Ia juga memberitahukan untuk tetap waspada dan menjaga ketersediaan beras di Sulteng agar siap menghadapi masalah – masalah kedepannya seperti di bulan Ramadhan dan lainnya sehingga Sulteng bisa lebih terkenal dalam menjaga inflasi.

“Dengan bantuan bapak ibu semua, dengan upaya antara Rakor pagi ini itulah upaya-upaya kita semua untuk menjaga semua masyarakat sejahtera.” Ucap Rudi Dewanto sebelum membuka Rakor secara resmi.

Turut hadir : Kabid, Kasubag, Jafung Lingkup Dinas TPH, Kepala BAPPEDA Prov. Sulteng, Pimpinan BI Perwakilan Sulteng, Kepala BPS Prov. Sulteng, Kepala BMKG Prov. Sulteng, Serta Kepala OPD terkait.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *